Kamis, 22 Februari 2018

PANTAI LAMPON (WANA WISATA DESA PASIR)


Selamat Datang di Kompleks Wisata Pantai Lampon

Sekitar 135 KM arah barat dari Airport Adi Sucipto Yogyakarta, tepatnya di desa Pasir, Kecamatan ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kita akan menemukan Hamparan Objek Wisata Pantai yang sangat menarik. Setidaknya ada lima tempat wisata yang didominasi wisata pantai didesa dengan kontur yang naik turun ini, diantaranya adalah Patai Patemon, Pantai Watubale, Pantai Pasir, Pantai Lampon, dan Pantai Pecaron.

Di Beberapa artikel yang mungkin anda temui, maka ada Pantai Grojogan, Tanjung Karang Pengantin, Pantai Surumanis dan lain sebagainya, nanti seluruh pantai itu akan kita bahas dan masuk dalam pantai-pantai utama diatas.

Pantai Lampon sendiri merupakan sebuah pantai yang boleh dikatakan pantai yang sempit, namun memiliki pemandangan yang indah, lingkungan yang asri dan suasana yang menyenangkan disekelilingnya. Terletak di sebelah barat TPI yang berada tepat di Pantai Pasir, kita harus menempuh jalan yang sedikit mendaki untuk mencapai Pantai ini. Jalan yang mendaki ini terletak di ujung TPI Pasir, sebuah jalan yang sedikit tersembunyi akan mengantarkan kita menuju pintu masuk Pantai Lampon.



Kompleks Wisata Pantai Lampon

Di Kompleks Pantai Lampon ini, kita tidak hanya akan disuguhi Pantai Lampon sendiri. Selain Pantai Pasir yang sudah kita masuki sebeumnya, kita akan disuguhi Pantai Lampon, Tanjung Karang Pengantin, Goa Wora Wari , Goa Celeng, dan Pantai Grojogan atau Gebyuran.

1.       Pantai Lampon
Pantai Lampon

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, Pantai Lampon sendiri merupakan pantai kecil yang tidak terlalu luas. Secara umum pantai ini memiliki suasana yang sangat menyenangkan. Sebuah pantai pasir hitam, yang dikelilingi oleh bukit dan karang dihiasi pepohonan disekitarnya.

Mendaki sedikit keatas, kita akan mendapati Gazebo dan juga selfie spot di Pantai yang terdiri dari beberapa objek yang sangat menarik untuk melakukan pengambilan foto, baik untuk selfie, wefie bersama teman-teman maupun Foto Pre wedding bagi anda yang menginginkan foto dengan Background alam.


2.       Goa  Wora Wari
Pak Eko di Pintu Masuk Goa Wora-wari

Goa Wora Wari merupakan Goa yang bisa dikatakan lumayan besar. Terletak sekitar 200 Meter arah selatan dari Pantai Lampon. Goa ini memiliki jalan yang mengarah ke atas perbukitan kapur di atas Pantai Lampon. Di mulut gua ini terdapat tempat istirahat, jika anda lelah setelah berjalan begitu jauh, anda dapat beristirahat sejenak di kursi panjang yang terbuat dari bambu disini, menikmati semilir angin laut dan udara yang sangat sejuk.

3.       Goa Celeng
Lia di Pintu masuk Goa Celeng

Merupakan Goa Kecil yang terletak sekitar lima belas meter dari Goa Wora Wari. Goa ini tidak terlalu Panjang. Jika Kita masuk melalui Pintu masuk dekat Goa Wora Wari, kita akan keluar tepat di Warung Gaul FEBINVIE, dekat Tanjung Karang Pengantin. Kita dapat memesan makanan dan Minuman disini.
Di dekat pintu lain Goa Wora Wari tepat menghadap Tanjung Karang Pngantin


4.       Tanjung Karang Pengantin
Tanjung Karang Pengantin dari Jauh

Dari Warung Gaul Febinvie, kita dapat melihat langsung Tanjung Karang Pengantin ini. Merupakan sebuah karang yang ditumbuhi ilalang dan pepohonan yang letaknya menjorok ke laut. Melangkah menuju karang ini, kita akan menemui ilalang yang tinggi, bunga-bunga pantai dan pepohonan lain. Di karang ini kita dapat meihat sunset dan sunrise dengan baik, melihat Samudera Hindia dengan lebih luas serta pemandangan hijaunya Pegunungan kapur di sebeah utaranya. Selain itu Pantai lain seperti Surumanis, Pecaron, dan Menganti juga dapat kita lihat dari sini.

5.       Pantai Gebyuran/Grojogan
Pantai Gebyuran/Grojogan dari Kejauhan
Dari Warung Gaul Febinvie, mengarah ke arah Tanjung karang Pengantin, disisi kanan jalan, kita akan melihat papan penunjuk arah yang mengarahkan kita ke Pantai Grojogan. Sebuah Pantai kecil yang tersembunyi. Pantai yang memiliki ceruk karang yang cukup besar dan terdapat sebuah grojogan/ Air terjun kecil yang berasal dari Atap Ceruk Karang


Fasilitas dan Keuanggulan

1.      Faslitas Parkir Memadai dan Keamanan ang Terjamin

Dikelola secara swadaya oleh warga dan pemuda setempat, selain terus membangun fasilitas jalan yang memadai, memiliki parkir yang sangat luas, pengelola pantai ini menjanjikan keamanan penuh untuk pengunjungnya dari aneka macam tindakan kriminal. Anda tidak perlu takut barang-barang anda hilang. Pantai ini juga steril dari aneka macam minuman beralkohol, jadi kecuali anda membawa dan meminum alkohol, tidak ada pemabuk yang mengancam.

2.       Selfie Spot

Pantai Lampon bagi saya adalah sebuah pantai yang menawarkan berbagai objek wisata pantai yang cukup lengkap. Selain berbagai macam kontur pantai tersedia di kompleks pantai ini, selfie spotnya juga sangat banyak, salah satu yang terbanyak di antara pantai-pantai yang ada di Kebumen. Biar eksklusif saya tidak saya sertakan ya selfie spotnya. Saat saya mengunjungi pantai ini, beberapa selfie spot baru juga sedang dikerjakan.

3.       Kolam Renang

Di Pantai ini tersedia kolam renang mini disebuah lereng Bukit, anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah dari kolam renang ini. Anda dapat bersantai di dalam kolam ataupun menikmati pemandangan dan mengambil gambar dari sekitar kolam ini, pemandangannnya cukup indah dari sini. Jika anda memiliki kamera yang cukup baik, anda mungkin bisa mengambil gambar yang lebih fantastis dari contoh gambar amatir diatas hahaha...

4.       Outbond

Di kompleks wisata pantai Lampon juga sedang dibangun wahana Outbond, salah satu yang sudah dapat digunakan adalah Waan Flying Fox. Anda dapat menikmati Flying Fox dengan harga yang sangat terjangkau ditempat ini, Saat saya kesini, ini adalah salah satu Wahana Flying fox terpanjang yang pernah saya temui di Kebumen.

5.       Camping Ground

Bagi anda yang menginginkan menikmati Camping di alam bebas, anda dapat menggunakan ara Pantai Lampon untuk berkemah/ Camping. Jangan kuatir untuk melakukan Camping ditempat ini anda  tidak akan dikenai biaya tambahan, anda hanya harus melapor diri kepada pengelola. Meskipun daerah ini sangaaat aman, tetapi anda wajib memberitahukan kegiatan anda terhadap pengelola untuk mengantisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda tidak mau repot membawa peralatan camping? Tenang, disini menyediakan persewaan peralatan unuk Kemping. Anda dapat melakukan menghubungi pengelola untuk melakukan peminjaman peralatan kempin ini. Harga sewa peralatan bervariasi tergantung jenisnya.

Jika suatu saat anda camping dan karena suatu hal tidak bisa bertahan di dalam tenda anda dapat menggunakan beberapa warung untuk berteduh atau menginap.

Fasilitas Air

Ketersediaaan air tawar di kompleks wisata Pantai Lampon sangat lah melimpah, jangan kuatir anda akan kekurangan air tawar disini. Pengelola menyediakan keran-keran air tawar di beberpa titik, termasuk di titik yang lumayan jauh di dekat Tanjung Karang Pengantin.

Musholla

Beberapa meter dari pintu masuk anda dapat menemukan Musholla sederhana untuk keperluan ibadah anda umat Muslim. Meskipun kecil Musholla di lingkungan Pantai Lampon cukup terjaga kebersihannya. Anda juga dapat menggunakan Musholla ini bila terkena keadaan darurat saat kemping.


Gazebo
Kompleks Gazebo

Bila anda ingin sekedar menikmati keindahan laut dari perbukitan, anda dapat menggunakan Gazebo di kompleks Pantai Lampon ini. Anda cukup membayar 10.000 ribu rupiah untuk menyewa sebuah Gazebo yang saya kira cukup untuk lima orang, sepuas anda.

Lokasi dan Rute


Seperti yang sudah kita ketahui, secara Geografis Kompleks Pantai Lampon ini terletak sekitar 135 KM arah Barat dari Bandara Adisucipto Jogjakarta. Sekitar 55 KM dari Purwokerto dan 30 KM dari Cilacap.

Dari Bandar Udara Adi Sucipto anda dapat mencapai pantai ini dengan berbagai macam pilihan moda transportasi. Yang pertama anda dapat menggunakan shuttle bus Damri langsung dari Bandara Adisucipto langsung ke kota Kebumen. Dari kebumen anda menuju Gombong, bisa dengan sarana angkutan online, maupun dengan kendaraan umum menuju ke Lokasi. Anda juga dapat menggunakan Bus Efisiensi dari Bandara, langsung menuju ke Gombong dan kemudian menuju Lokasi. Dari Jogja, selain menggunakan Bus, anda juga dapat menggunakan Sarana Transportasi Kereta Api dari kota ini, kemudian turun di stasiun Kutoarjo, Kemudian Menggunakan Bus Umum.

Opsi Lain dapat dilihat di bagian bawah artikel ini.
  

Tiket dan Akomodasi

Setelah mendaki di jalan yang cukup curam, kita akan menemukan gerbang masuk Kompleks Pantai Lampon yang ditandai dengan adanya tepat pembelian tiket diujung jalan. Harga Tiket masuk di pantai ini untuk tiap orang adalah Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah) (Less than a dollar), ditambah parkir sebesar Rp. 2.000 (dua ribu rupiah) untuk roda dua dan Rp. 4.000 (empat ribu rupiah) untuk roda empat.

Jika anda anda dari Luar Kota dan ingin berkunjung ketempat ini, namun bingung untuk mencapainya, kami menyediakan sarana bagi anda yang ingin bepergian, berwisata maupun kepentingan lainnya. Kami siap melayani Penjemputan dari kota-kota di sekitar Kebumen, termasuk Jogjakarta dan mengantarkan anda berwisata di tempat-tmpat wisata yang Eksotis, mulai dari Pantai-pantai yang indah, Goa-goa yang fantastis hingga air terjun yang masih kinyis-kinyis.
Pemesanan Rental dan Wisata Kebumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar