Senin, 05 Maret 2018

Pantai Menganti Kebumen : Kaya dan Penuh Warna



Selamat datang di Pantai Menganti
Tidak banyak yang bisa saya ceritakan tentang Pantai Menganti ini. Satu kalimat yang paling sesuai untuk Pantai ini yaitu salah satu pantai terbaik di Jawa Tengah. Keindahan pantai yang memanjakan mata, pemandangan yang menyejukkan hati, fasilitas yang memadai dan akses jalan yang akomodatif, menjadikan pantai ini pantai yang nyaris lengkap. Apalagi jika melihat lebih dekat berbagai kontur pantai yang ditawarkan alam dipantai ini.

Salah satu sisi Pantai Menganti dari Udara

Pemandangan bukit yang menghijau sepanjang tahun, menghias karang berwarna hitam yang menjorok ke birunya samudera merupakan salah satu sajian memukau dari Pantai Menganti kini. Di sisi lain pantai ini, anda disuguhi pasir berwarna putih dan juga tebing bukit bidadari yang sangat tinggi diujung lainnya. Ditengah-tengah pantai ini kita disuguhi aktivitas nelayan yang hampir terjadi setiap hari.
Perkampungan Nelayan Pantai Menganti


Berbeda dengan Pantai Menganti Kebumen Classic yang saya tulis tahun 2012 lalu, sekarang Pantai Menganti Kebumen sudah berbenah. Kita mungkin tidak akan pernah lagi melihat bukit gundul berwarna coklat kekuningan saat musim kemarau, kini berganti pemandangan yang menghijau, rapi sepanjang tahun. Yang tersisa adalah site Bukit Menguneng, tidak jauh dari tempat parkir sepeda motor yang dulu pernah menyajikan pemandangan yang unik saat musim kemarau tiba. Dulu untuk menuju puncak bukit, kita bebas menerjang jalan mana saja, sekarang jalan setapak sudah di bangun dengan begitu eloknya, memastikan kita melewati setiap keindahan pantai di pantai ini.
Pasir Putih dan Tebing Bidadari di sisi lain

Feature Pantai Menganti

1.       Fasilitas Pendukung yang sangat Memadai


Pantai Menganti, walaupun sama-sama dikelola oleh Warga, namun dari segi Fasilitas Pendukung, seperti Parkir dan Prasarana Jalan adalah salah satu yang terbaik diantara pantai-pantai lain yang ada di Kebumen. Meskipun jalan menuju lokasi cukup terjal dan berkelok-kelok, kita dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan di kanan dan kiri karena prasarana jalannya cukup memadai. Keadaan aspal jalan cukup halus dan terus mengalami peningkatan. Tempat parkir juga sangat lega dan luas. Sebagai salah satu objek wisata tersibuk di Kebumen, Pantai Menganti memiliki CCTV di beberapa titik yang memberikan rasa aman bagi para pengunjungnya.

2.       Kuliner dan Warung Makan
Di Sepanjang Pantai Menganti, anda tidak perlu kuatir akan sulit menemukan warung makan. Berbagai menu makanan disajikan diwarung-warung yang berada disekitar pantai, dari mulai ujung barat hingga ujung timur. Tersedia aneka macam minuman mulai dari air mineral hingga kelapa muda yang segar. Menu makanannya pun beragam mulai dari Menu aneka olahan hasil laut, makanan tradisional seperti mendoan, hingga makanan umum seperti Bakso dan Mie ayam. Jika anda ingin membawa ikan untuk oleh-oleh, anda juga dapat membeli ikan segar di TPI untuk diolah di rumah.

3.       Belanja dan Oleh-oleh
Sama seperti warung makan yang tersedia di sepanjang kompleks wisata Pantai Menganti, toko-toko souvenir juga tersedia dan tersebar di sepanjang pantai ini. Anda dapat memilih aneka macam souvenir, mulai dari kaos, topi pantai, hingga kerajinan tangan berbagai jenis.

4.       Toilet
Toilet tersedia di beberapa titik, di dekat musholla, Tempat Pelelangan Ikan, dan di sekitar Tempat Parkir Mobil. Di sekitar tempat parkir mobil yang berada di sekitar pantai yang landai juga tersedia area untuk bilas.

5.       Musholla
Sebuah Musholla kecil alakadarnya tersedia tidak jauh dari tempat parkir sepeda motor.

6.       Gazebo
Gazebo pantai Menganti terletak diperbukitan yang cukup teduh dan memiliki pemandangan laut lepas yang indah. Bila anda ingin sekedar menikmati keindahan laut dari perbukitan, anda dapat menggunakan Gazebo di kompleks Pantai Menganti ini. Anda cukup membayar 10.000 ribu rupiah untuk menyewa sebuah Gazebo sepuasnya. Gazebo di Pantai Menganti jumlahnya cukup banyak. Karena terletak di Bukit yang sedikit menjorok ke laut,gazebo-gazebo ini memiliki banyak sudut pandang yang berbeda-beda
Kompleks Gazebo dekat Jembatan Merah


7.       Villa Pantai Menganti
Setidaknya ada tiga Villa yang dapat disewa di Pantai Menganti ini. Setiap Villa memiliki dua buah kamar tidur. Setiap kamar dapat disewa mulai dari Rp. 150.000, 00 per hari ( About U$ 13). Bila anda ingin menyewa satu unit Villa sekaligus, anda dapat menyewanya seharga dua kamar. Sangat bersahabat bila  anda mencari tempat menginap dengan harga terjangkau.


Pemandangan dai Samping Villa Menganti

Bonusnya anda dapat menikmati pemandangan Laut yang Luar Biasa, Jika anda beruntung anda dapat menikmati Sunrise dan Sunset yang sangat indah dari sekitar Villa ini. Jika masih kurang, anda dapat berjalan-jalan ke Pantai Pecaron / Pantai Srati yang masih sangat alami, sepi dan menawarkan anda pengalaman yang tak terlupakan layaknya pantai pribadi, cukup melewati satu bukit dan berjalan kurang lebih 300 meter.


8.       Camping Ground
Alih-alih menyewa Villa, bagi anda yang menginginkan menikmati Camping di alam bebas, anda dapat menggunakan area Pantai Menganti untuk berkemah/ Camping. Area Camping berada disekitar Villa Pantai Menganti. Prosedurnya sama dengan di Pantai-pantai lainnya anda perlu meninformasikan dan meminta ijin kepada pengelola. Anda juga dapat melakukan penyewaan perlengkapan camping disini.

9.       Outbond


Sama halnya dengan beberapa kompleks wisata lain disekitarnya, kompleks wisata Pantai Menganti terus mengembangkan fasilitas penunjang lainnya guna memuaskan para pengunjungnya. Berbagai sarana penunjang kegiatan outbond dan pemacu adrenalin terus dibangun. Salah satu yang sudah beroperasi adalah wahana Sky Bike. Dengan alamnya yang berbukit dan memiliki tebing-tebing yang tinggi, sangat potensial untuk membuat wahana rapelling, flying fox dan lain sebagainya.

10.   Mobil Wisata Gratis


Apabila anda menggunakan mobil untuk menuju pantai ini, anda akan langsung diarahkan menuju tempat parkir mobil yang terletak di Pantai Menganti yang berpasir putih, landai dan pantainya berbatu yang terletak di sebelah barat TPI Menganti. Untuk menuju objek utama pantai Menganti yang terletak di bagian timur, anda sudah disediakan mobil wisata gratis berupa pickup modifikasi  yang dapat menampungcukup banyak orang.

Kompleks Pantai Menganti
1.       Mercusuar
Mercusuar Pantai Menganti

2.     Jembatan Merah

3.       Tebing Bidadari / Widodari

4.       Balon Udara

5.       Lembah Mengoneng

6.       Tanjung Karang Bata
Tanjung Karang Bata

7.       Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Menganti

Lokasi dan Rute
Secara administratif pantai Menganti terletak di Desa Karanduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Anda dapat menggunakan aneka macam Peta Pemandu untuk menemukan pantai ini. Kecamatan Ayah sendiri sangat terkenal dengan panoramanya yang Indah, Pantainya yang beraneka ragam dan jalanannya yang, emmm eksotis. Jika anda baru pertama kali datang kesini, apalagi dengan kendaraan pribadi, anda harus benar-benar mempersiapkan diri dan berhati-hati sepanjang jalan.

Kompleks Pantai Menganti ini terletak sekitar 400 KM ke timur dari Jakarta.  137 KM arah Barat dari Bandara Adisucipto Jogjakarta. Sekitar 52 KM dari Purwokerto dan 30 KM dari Kota Cilacap, jika dihitung dari perbatasan Cilacap Kebumen, jaraknya tidak lebih dari 4 KM.

Jika anda berasal dari Luar kota dengan menggunakan kendaraan umum seperti Kereta dan  Bus anda dapat turun di Stasiun maupun Terminal Gombong, Kabupaten Kebumen. Dari sini anda dapat memilih kendaraan menuju lokasi baik berupa ojek online maupun kendaraan angkutan kota. Jika anda menggunakan angkutan kota, butuh satu atau dua kali naik dan waktu tempuh yang lumayan. Solusinya, anda dapat menghubungi prsewaan mobil dengan harga yang sangat bersahabat. Kami siap mengantarkan anda dan memandu anda ke lokasi-lokasi yang menghibur di seluruh wilayah Kebumen.

Tiket dan Akomodasi
Harga Tiket masuk di Pantai Menganti pada akhir Tahun 2017 mengalami kenaikan dari sebelumnya sebesar 10.000 menjadi Rp. 12.500,00 (about $ 1) . Untuk penginapan harga bervariasi mulai dari Rp. 150.000,00 tergantung dari fasilias yang anda pilih. Untuk transportasi dengan harga terbaik, anda dapat menyewa kendaraan dengan harga mulai dari 350.000++ untuk 7 orang seharian (12 jam). Kami melayani penjemputan dari Jogja, Purwokerto dan Cilacap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar